Friday, September 28, 2012

Apa yang Harus Kusyukuri Hari Ini?

Dear jiwaku, hatiku, pikiranku, tubuhku... diriku.
Sudahkah kita bersyukur hari ini? Kenapa kita harus bersyukur hari ini? Apa yang sebaiknya kita syukuri.
Saya sering bertanya seperti ini dalam hati.


Sejenak, rasanya saya ga harus bersyukur deh, masih banyak hal yang belum seperti keinginan saya. 
Benarkah?


Ini alasan kenapa saya ga harus bersyukur:


1. Tiap hari pusing, mikirin deadline pekerjaan. Dari awal sudah diatur sebaik mungkin waktu pengerjaannya tapi ada saja yang bikin semuanya jadi serba mepet.


2. Dipikir - pikir, pusing banget deh nih ngontrak mulu. Kapan bisa punya rumah?

3. Naik angkot!! Bikin rusak heels sepatu - sepatu saya. Mobil pribadi mana mobil pribadi?

4. Yaelah ni gaji numpang lewat doang? Ga betah amat yaa di tabungan.

5. Ini sinyal telpon sama sinyal internet jelek banget! Lah HP gw lobett!! --> keluhan masa kini!

Tuh kan bener kan.. saya ga harus bersyukur hari ini tauuuu!

Serius? Coba kita ganti cara pandangnya ya:

1. Tiap hari pusing, mikirin deadline pekerjaan. Dari awal sudah diatur sebaik mungkin waktu pengerjaannya tapi ada saja yang bikin semuanya jadi serba mepet.
Bersyukur! Masih punya pekerjaan, masih bisa berkarya. Banyak orang menginginkan posisi pekerjaanmu loh!

2. Dipikir - pikir, pusing banget deh nih ngontrak mulu. Kapan bisa punya rumah?
Puji Tuhan, masih bisa ngontrak. Ada yang homeless dan masih bisa mensyukuri hari - harinya, ga malu kamu?

3. Naik angkot!! Bikin rusak heels sepatu - sepatu saya. Mobil pribadi mana mobil pribadi?
Seru yaa naik angkot, bisa lihat kehidupan dari sisi lain, bisa bersinggungan dengan kehidupan orang lain, bahkan bisa menciptakan obrolan ringan dengan sesama ibu - ibu di angkot. Bersyukur.

4. Yaelah ni gaji numpang lewat doang? Ga betah amat yaa di tabungan.
Bagus dilewatin. Banyak yang tak bergaji, jangankan tabungan, yang lewat pun tak ada.

5. Ini sinyal telpon sama sinyal internet jelek banget! Lah HP gw lobett!! --> keluhan masa kini!
Hahaha... bersyukur dong, masih punya HP, masih bisa internetan.


You know what, teman - teman... saya tulis tentang bersyukur ini sebenarnya karena disadarkan kembali betapa saya kadang suka tidak bersyukur. Saya disadarkan oleh status facebook seorang teman.

Teman saya ini ternyata sedang mengandung (saya baru tahu dari status facebooknya), dan setelah saya baca  Timeline facebooknya, isinya koq kaya ga bersyukur. Maafkan saya kalau terkesan menghakimi, tapi sebagai manusia biasa, itu persepsi saya.

Hal seperti ini sepertinya sering terjadi dalam kehidupan kita, eh sorry, kehidupan saya. Mudah - mudahan teman - teman engga seperti itu ya :)

Ketika kita belum mengandung, kita mengeluh dan memohon. Sedang mengandung, ngomel mual dan muntah; mengeluh lemas terus apalagi di awal kehamilan.

Si anak sudah lahir dan tampak aktif, anaknya dimarahin suruh diem aja. Nanti anaknya diem - diem aja, ortunya bingung sendiri. Apa yang salah sama anak saya? Koq ga aktif ya?

Atau mungkin waktu masih duduk di bangku sekolah, ga seneng banget sama guru yang ketat cara mengajarnya. Ga santai gitu. Giliran dapet guru santai, pas ujian kesel. Ngomel - ngomel. Gurunya ga pernah ajarin nih, ujian susah banget.

Hahaha... bingung sendiri deh maunya apa. 

So, what's the point? Here's the point, apapun yang kita lalui saat ini:

Ya, dengan bersyukur, maka kita akan dapat mengatakan: La vie est belle! :-)

No comments:

Post a Comment